Senin, 04 Juni 2012

Kutu Badan


A.     GAMBAR DAN KETERANGAN


B.      TAXONOMI
Kingdom   : Animalia
Phylum     : Arthropoda
Classis       : Insecta
Ordo          : Phthiraptera
Sub ordo   : Anoplura
Family       : Pediculidae
Genus        : Pediculus
Spesies       : P. Humanus corporis

C.      MORFOLOGI
*      Diperkirakan kutu badan adalah kutu kepala yang turun kebawah.
*      Kutu badan berukuran jantan 2-3mm dan betina 2-3 mm, banyak terdapat didaerah dingin, sedagkan di daerah tropis kebanyakan kutu kepala.
*      Badan berwarna kelabu, berbentuk pipih dan memanjang,
*      Memiliki kepala ovoid sedikt bersudut
*      Thorax dari chitin yang segmennya bersatu dan abdomen yang terdiri dari 9 ruas, pada kepala tampak sepasang sederhana disebelah lateral, sepasang antena pendek yang terdiri atas 5 ruas dan proboscis, alat penusuk yang dapat memenjang, tiapa ruas torax yang telah bersatu memepunyai sepasang kaki yang kuat yang terdiri dari 5 ruas dan berakhir sebagai 1 sapit menyerupai kait yang berhadapan dengan tonjolan tibia untuk berpegang erat pada rambut atau bulu, ruas abdomen terakhir pada dorsal dan 2 tonjolan jenital dibagian lateral yang memegang rambut selama memegang telur.

D.     SIKLUS HIDUP
Telur berwarna putih memepunyai operculum 0.6-0,8 mm, disebut “nits”, telur diletakkan pada rambut dan dengan erat melekat pada rambut atau serabut pakaian. Telur ini dapat hidup berbulan-bulan pada pakaian. Telur menetas dalam waktu 5- 11 hari pada suhu 21-360c. nimfa tumbuh dalam kulit  telur dan keluar melalui operculum yang terbuka


E.      PENYAKIT YANG DITIMBULKAN
Kutu badan adalah merupakan vektor penyakit tiphus yang hanya terjadi di daerah dingin, karena kutu badan adalah satu-satunya vektor. Tetapi kutu kepala dapat merupakan hospes cadangan untuk organisme tiphus dan berpotensi untuk menularkannya. Kutu badan adalah kutu yang “aneh” karena hidupnya pada baju (di daerah dingin orang memakai baju rangkap lebih dari 2 dan lama tidak dicuci karena orang jarang berkeringat), apabila hawa dingin maka dia bergerak ke tubuh hospes, jadi biasanya kutu ini tinggal di pakaian lapis pertama.

2 komentar: